Macam-Macam Makanan Pokok di Indonesia



Setiap makhluk hidup memerlukan makanan, karena makanan adalah termasuk kebutuhan setiap hari. semakin berat pekerjaan yang dilakukan , maka semakin banyak pula tenaga atau kalori yang harus dikeluarkan sehingga makanan pokok pun diperlukan semakin banyak.

Antara daerah yang satu dengan yang lain berbeda-beda makanan pokoknya, termasuk di Indonesia. Namun demikian ada beberapa syarat makanan dijadikan sebagai makanan pokok :

  1. mengandung karbohidrat (HA)
  2. bersifat menyenangkan
  3. rasanya netral
  4. murah harganya
  5. mudah ditanam
  6. mudah didapat
  7. mudah diolah
  8. dapat disimpan lebih lama
Macam-macam makanan pokok adalah :
  1. beras
  2. jagung
  3. gandum
  4. sagu (umbi batang)
  5. umbi-umbian
Dari semua makanan pokok diatas paling umum adalah beras namun juga ada yang menggunakan sagu. Berikut pengertian dari pada :

1. Beras

merupakan makanan pokok sebagian besar warna negara Indonesia yang dihasilkan dari padi yang ditanam disawah atau di ladang. Di dalam 100 gr mengandung 78,3 gr karbohidrat, 7,6 gr protein, 1,1 gr lemak dan vitamin B1 yang terdapat di bagian luar (kulit ari) beras, terutama banyak di jumpai pada beras tumbuk. Selain dibuat nasi, beras juga dapat dibuat macam-macam makakan seperti ragi tape, tape, beras, tepung beras. Selain itu, padi yang juga memiliki hasil sampingan, yaitu dedak kasar (untuk makanan ternak) dan dedak halus (dapat dibuat snack karena kaya akan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral). Katul juga dapat dijadikan makanan ternak, damen (batang dan daun padi yang dikeringkan), sekam (untuk bahan bakar dalam tungku), dan merang (bahan pembuat kertas).


Macam-macam beras berdasarkan pengolahannya :
  • Beras porboli beras lebih padat, tidak mudah hancur waktu diproses, kadar nutrisi sedkit, lebih tinggi dari beras selep dan lebih tahan lama.
  • Beras kampung (beras tumbuk) butir beras alami, warna tak sjernih dan seputih beras di selep, rasa lebih enak serta nutrisinya lebih tinggi. Jumlah vitamin B2 nya lebih banyak mengandung banyak lemak karena itu tahan lama, tetapi beras alami sulit didapat.
  • Beras yang diselep (dipolish) warna putih, kadar nutrisi rendah, mengandung protein, mineral, vitamin, karbohidrat dan lemak sedikit.
Tanda-tanda beras yang baik adalah :
  • kering
  • baunya segar
  • tidak mengandung kutu beras
  • biji beras sedikit yang hancur
  • tidak berjamur
  • tidak banyak campuran gabah atau batu kecil

No comments

Post a Comment

Powered by Blogger.